Dilihat 369
DESKRIPSI
Stakeholder (pemangku kepentingan) adalah organisasi atau individual yang mempunyai satu atau beberapa kepentingan dalam setiap keputusan dan kegiatan suatu organisasi. Kepentingan dalam konteks ini adalah kepentingan dari yang paling sederhana yaitu didengar pendapat dan keinginannya sampai pada kepentingan yang berkenaan dengan pembangunan berkelanjutan (sustainable development), misalnya aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan.
Akan tetapi tidak jarang timbul suatu konflik dalam perumusan sebuah kepentingan dengan para stakeholder. Apabila konflik tersebut tidak segera diatasi akan menimbulkan berbagai masalah yang lebih besar bahkan dapat menimbulkan perpecahan satu dengan yang lain. Komunikasi menjadi salah satu kunci keberhasilan pelayanan publik. Agar dapat memberikan pelayanan yang baik dan efektif, diperlukan suatu teknik dan etika berkomunikasi dengan orang lain, baik melalui lisan dan tertulis di dalam internal perusahaan dan pihak eksternal. Dengan memiliki kemampuan komunikasi yang baik, maka akan menjadi modal dasar dalam melakukan negosiasi dengan stakeholder.
MATERI
- Pengantar Komunikasi dan Negosiasi
- Communication Principle
- Etika dan Teknik Komunikasi
- Multi-stakeholder Process and Stakeholder Engagement
-
- Komunikasi dalam bernegosiasi yang efektif dengan Stakeholder
- Negosiasi yang efektif
- Win win solution
- Stakeholder engagement strategy
- Conduct stakeholder mapping
- Identification of stakeholder to plan engagement
- an effective approach in conducting engagement
- Strategic partnership to the other stakeholder in the implementation of CSR
- How to conduct a dialogue between stakeholder in the CBO
- Strategic engagement in addressing the problems (conflict)
TRAINING METHOD
Presentation
Discussion
Case Study
Evaluation
FACILITY
Training Kit
Handout
Certificate
Lunch + 2x Coffee Break
Souvenir
Pick Up Participant (Yogyakarta only)