Dilihat 1138
OBJECTIVE
Paradigma bisnis modern memandang bagian procurement tidak lagi sebagai kegiatan operasional dan administratif perusahaan, tetapi sudah bergeser sebagai
“Strategic Business Area”. Pada tataran ini procurement tidak hanya dipandang sebagai bagian dari logistic namun sudah merupakan fungsi strategis bagi bisnis perusahaan. Bagian pengadaan dituntut untuk memberikan kontribusi bagi keberlangsungan perusahaan dengan target
Quality, Cost, Delivery, Safety dan
Customer Satisfaction yang excellent.
Kesuksesan pengadaaan sangat dipengaruhi oleh strategi yang digunakan dalam pemilihan supplier, proses pengiriman dan proses administrasinya. Strategi procurement dapat didefinisikan sebagai suatu inisiatif yang direncanakan untuk mengoptimalkan pembelanjaan dengan memilih pemasok yang dapat menciptakan peningkatan pengetahuan dan nilai lebih dalam hubungan pelanggan-pemasok. Secara teoritis kegiatan ini mudah, namun dalam prakteknya seringkali timbul permasalahan dalam proses pelaksanaannya, mulai dari perencanaan yang tidak terintegrasi, perubahan harga dan pasokan tersedia, seleksi supplier yang mengundang potensi fraud, miskomunikasi dengan supplier dan lainnya.
MATERI
1. Introduction To Procurement Oil and Gas Industry
- Karakteristik procurement di pertambangan dan migas
- Siklus Procurement
- Peraturan yang terkait
2. Procurement Principles
- Prinsip dasar pembelian
- Peran strategis pembelian
- Struktur organisasi pembelian
- Administrasi pembelian
- Procurement plan
- Purchase requisition
3. Supplier Relationship Management
- Perbedaan antara SRM dan hubungan tradisional dengan supplier
- Jenis-Jenis relationship dengan supplier
- Mengelola relationship dengan supplier
- Proses seleksi dan kualifikasi supplier
- Metode evaluasi kinerja supplier
4. Metode Sourcing in Oil and Gas Industry
- Identifikasi supplier
- Klasifikasi supplier
- Bid collection
- Metode survey harga
- Benchmarking
5. Teknik Menganalisa Penawaran
- Membaca quotation serta terms and conditions
- Survey lapangan
- Sampling produk
- Survey pasar
- Bid comparison
6. Tender Management
- Regulasi dan kebijakan tender
- Dokumen dan administrasi tender
- Pra kualifikasi dan pasca kualifikasi
- HPS/OE
- Analisa dan evaluasi tender
7. Vendor Managed Inventory
- Konsep VMI
- Perbedaan VMI dengan JIT
- Syarat pelaksanaan VMI
- Penyusunan terms and conditions VMI
PESERTA
Supply Chain/Logistik, Procurement/Purchasing, Komite Pembelian, General Affair, Administrasi Kontrak, Legal Perusahaan, Supervisor/Manager yang terlibat dalam proses pembelian dengan pemasok
TRAINING METHOD
Presentation
Discussion
Case Study
Evaluation
FACILITY
Training Kit
Handout
Certificate
Lunch + 2x Coffee Break
Souvenir
Pick Up Participants (Yogyakarta)