Dilihat 7923
DESKRIPSI
Perencanaan diklat dilakukan sebagai langkah awal untuk panduan pelaksanaan dan evaluasi program diklat. Perencanaan yang tepat akan menghasilkan sasaran diklat yang efektif sehingga diharapkan peserta diklat mendapatkan knowledge, skill dan kompetensi yang sesuai dengan ‘need’ nya. Perencanaan diklat mencakup perencanaan kurikulum, silabus, sumberdaya, sarana prasarana dan evaluasi program. Perencanaan kurikulum diklat berisi kurikulum makro (umum) dan mikro (detail per judul program). Perencanaan mikro mencakup perencanaan silabus dan satuan acara pembelajaran diklat yang berisi uraian, peta konsep, kompetensi, indikator pencapaian, metode pembelajaran, metode evaluasi. Perencanaan evaluasi program diklat mencakup empat level yaitu level reaksi, level knowledge, level behavior dan level result. Evaluasi level reaksi adalah mengevaluasi tingkat kepuasan peserta terhadap penyelenggaraan diklat yang dilakukan secara langsung setelah diklat selesai. Evaluasi level knowledge mengevalusi tingkat knowledge, skill yang didapatkan peserta selama diklat. Evaluasi level behavior digunakan untuk mengevaluasi pengaruh diklat terhadap kinerja peserta di tempat kerja setelah beberapa waktu selesai diklat. Evaluasi result digunakan untuk mengevalausi dampak diklat terhadap kinerja organisasi. TUJUAN- Mengetahui bagaimana kerangka berpikir dalam penyusunan program diklat
- Mengetahui kompetensi yang akan dicapai dalam diklat dan kebutuhan diklat pada level individu, pekerjaan dan organisasi
- Memahami dan dapat menyusun kurikulum, silabus diklat
- Memahami dan dapat mengevalusi program diklat
- Analisis Level Organisasi
- Analisis Level Pekerjaan
- Analisis Level Individu
- Kerangka Berpikir Perencaan diklat
- Mengidetifikasi Kebutuhan Diklat
- Menentukan Target Kompetensi, Sasaran dan Tujuan Diklat
- Merumuskan Program/Mata Pelatihan
- Perencanaan dan Penyusunan Silabus
- Perencanaan dan Penyusunan Satuan Acara Pembelajaran Diklat: Uraian, Peta Konsep, Kompetensi, Indikator Pencapaian, Metode Pembelajaran, Metode Evaluasi
- Level Reaksi, Level Knowledge, Level Behavior dan Level Result
- Tipe Evalusi: Reaction Formative, Diagnostic, Summative
- Alat dan Metode Evaluasi
Formulir Pendaftaran
Silahkan isi FORMULIR PENDAFTARAN berikut dengan data yang benar agar
Kami dapat konfirmasi ulang kembali via email, WA maupun telepon.
HUBUNGI KAMI
Komplek Pertokoan Ruko Tritunggal No. T7, Jotawang, Bantul, Yogyakarta 55188
Phone : 0811 2949 265
Email : marketing1@cakrabiwa.co.id
