Dilihat 4887
DESKRIPSI
Perbankan wajib menyusun RBB secara obyektif, menerapkan manajemen risiko yang efektif dan tata kelola yang baik sehingga kinerja dan kesehatannya terpelihara secara prima sesuai dengan ketentuan BI terkait Penyusunan Rencana Bisnis Bank (RBB), Penilaian Tingkat Kesehatan Bank
(Risk-Based Bank Rating/RBRR) dan Penyediaan Modal sesuai Profil Risiko (ICAAP).
Di dalam penyusunan RBB erat kaitannya dengan Corporate Plan. Corporate Plan adalah sebuah dokumen rencana strategis sebuah badan usaha/badan hukum pada level organisasi/perusahaan berjangka waktu 3 sampai 5 tahun, yang akan dijadikan dasar dalam penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan
(Business Plan) badan, bidang, unit usaha strategis dan proyek. Corporate Plan disusun secara komprehensif melalui pendekatan partisipatif dengan melibatkan stakeholder utama dan menggunakan konsep Balance Scorecard.
Melalui pendekatan dan konsep ini diupayakan untuk menyeimbangkan dan mengintegrasikan sasaran-sasaran keuangan/pemilik dengan peningkatan kepuasan dan pemupukan kesetiaan pelanggan/nasabah
(customer), perbaikan proses internal dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia. Corporate Plan berfungsi sebagai alat manajemen dalam menentukan arah organisasi/perusahaan dan mengurangi dampak dari berbagai perubahan yang mungkin terjadi, meminimalkan pemborosan dan tindakan yang tidak perlu, serta sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan semua pihak yang berkepentingan. Corporate Plan juga merupakan salah satu sarana yang sangat kondusif bagi pemberdayaan, peningkatan peranan dan pemberlakuan prinsip-prinsip
“good corporate governance” di sebuah badan usaha/badan hukum, termasuk Badan Usaha Milik Daerah, dan lain-lain.
OBJECTIVES
- Mampu menyiapkan dan melaksanakan penjaringan aspirasi stakeholders
- Mampu melaksanakan Survey Kepuasan Nasabah (SKN) dan mengolah hasil SKN
- Mampu merumuskan Visi, Misi dan Ukuran Keberhasilan (Key Performance Indicator)
- Mampu melakukan analisis keuangan, analisis pasar dan analisis SWOT
- Mampu menetapkan sasaran dan inisiatif strategi jangka menengah
- Mampu menyusun Program Multi Tahun
- Mampu menyusun Proyeksi Finansial
- Memahami kerangka kerja, proses penyusunan dan implementasi Corporate Plan
MATERI
1. Kerangka Konseptual dan Regulasi Serta Best Practices yang dan Komprehensif dan Aplikatif
2. Kerangka Penyusunan Rencana Bisnis Bank
3. Ketentuan BI Tentang Rencana Bisnis Bank
4. Risk Governance (Risk Appetite dan Risk Tolerance) dan Kaitannya dengan RBB
5. Metode Penilaian Risiko Strategis sesuai Ketentuan Tingkat Kesehatan Bank (RBRR)
6. Kaitan RBB dengan Profil Risiko dan ICAAP
7. Penyelarasan Strategi Bisnis, Strategi Risiko dan Kemampuan Organisasi Bank
8. Sinkronisasi Kebijakan Umum Direksi (KUD) dengan Risk Appetite, Risk Tolerance
9. Introduksi Corporate Plan (CP)
- Pengertian Umum CP
- Kerangka Kerja dan Siklus CP
- Proses Penyusunan CP
- Substansi CP
- Implementasi CP
10. Jaring Aspirasi Stakeholders (JAS)
- Identifikasi Stakeholders
- Metode JAS
- Tips Pelaksanaan Dengar Pendapat Publik
- Menyiapkan JAS
11. Survey Kepuasan Nasabah (SKN)
- Pengertian, Orientasi, Sasaran dan Fokus SKN
- Manajemen Kepuasan Nasabah
- Mengukur Kepuasan Nasabah
- Metode SKN
- Tim Survey dan Instrumen SKN
- Pengolahan Data SKN
12. Perumusan Visi, Misi dan Ukuran Keberhasilan
- Pengertian Visi dan Misi
- Aspek-aspek dalam perumusan Visi dan Misi
- Kriteria Visi dan Misi
- Proses Perumusan dan Penetapan Visi dan Misi
- Ukuran Keberhasilan (Key Performance Indicator) Visi dan Misi
13. Analisis Kinerja Perusahaan
- Analisis Kinerja Keuangan
- Analisis Pasar
- Analisis SWOT
- Penetapan Sasaran dan Inisiatif Strategi
14. Penyusunan Program Multi Tahun
- Sistem Penyusunan Program Multi Tahun
- Langkah-langkah Penyusunan Program Multi Tahun
15. Penyusunan Proyeksi Finansial
- Proyeksi Neraca
- Proyeksi Laba Rugi
- Proyeksi Arus Kas
TRAINING METHOD
Presentation
Discussion
Case Study
Evaluation
Assignmen
FACILITIES
Training Kit
Handout
Certificate
Lunch + 2x Coffee Break
Souvenir
Pick Up Participant (Yogyakarta)