Dilihat 2016
DESKRIPSI
Penilaian Kinerja dan Karir dalam proses Manajemen Sumber Daya Manusia mempunyai arti dan peranan yang sangat strategis bagi perusahaan. Dengan menggunakan sistem dan proses yang baik, hasil dari proses penilaian kinerja dan karir dapat digunakan untuk kepentingan strategis perusahaan, misalnya untuk proses promosi, pengembangan karir,
reward dan
punishment dan tentunya secara sistemik dapat digunakan untuk memetakan kekuatan dan daya saing SDM perusahaan.
Sistem penilaian kinerja perusahaan tradisional masih kental diwarnai oleh tolok ukur keuangan seperti
Return On Investment (ROI),
Earning Per Share (EPS), dan memakai
Economic Value Added (EVA). Penekanan penilaian kinerja pada aspek-aspek non keuangan, seperti tingkat kepuasan pelanggan, tingkat kepuasan karyawan dan kegiatan operasi internal perusahaan masih sangat kurang diperhatikan. Pengukuran yang hanya mempertimbangkan kinerja keuangan tersebut memiliki kelemahan yaitu ketidak mampuan perusahaan untuk mengukur kinerja dan kontribusi baik harta yang tampak
(tangible assets) maupun harta tak tampak
(intangible assets) dan kemampuan sumber daya manusianya.
Kelemahan dari cara pengukuran kenerja semacam ini hanyalah berorientasi kepada jangka pendek dan kepada pemilik. Seperti hanya kinerja, agar sistem manajemen SDM perusahaan optimal, manajemen karir juga harus dikelola dengan baik, tepat dan mampu memberikan kejelasan dan harapan bagi setiap SDM perusahaan yang mempunyai talenta, kompetensi, motivasi dan profesionalisme tinggi terhadap perusahaan.
TUJUAN
Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan mampu memahami, melaksanakan tugas, serta mengaplikasikan dan meningkatkan kompetensi bagaimana melakukan penilaian kinerja dan karir.
MATERI
- Hakikat, Tujuan, Langkah Perencanaan Strategic
- Strategic Human Resource Management
- Penerjemahan Misi, Visi, Keyakinan Dasar dan Nilai Dasar, serta Strategi Perusahaan ke dalam Penilaian Kinerja dan Karir
- Pengertian Career Path, Anak Tangga Karir, Career Planning, Perencanaan Karir dan Hubungannya dengan Individual, Development Planning, Rencana Pengembangan Karir
- Lag Indicator dan Lead Indicator
- Proses Penilaian Kinerja dan Karir dengan Kerangka Manajemen Stategis Perusahaan
- Proses Assessment dan Analisis Jabatan
- Studi Kasus dan Praktek Kerja
- Studi Kasus Produktivitas
PESERTA
Para pembuat keputusan strategis, seperti Direksi, Dekom dan komite-komite di bawahnya, Para Manajer bidang Perencanaan, Keuangan, Akunting, Pengawasan, Manajemen Risiko, Kepatuhan dan HRD, Manajer dan Staf bagian lain yang memerlukan pengetahuan tentang Penilaian Kinerja dan Karir
TRAINING METHOD
Presentation
Discussion
Case Study
Evaluation
FACILITY
Training Kit
Handout
Certificate
Lunch + 2x Coffee Break
Souvenir
Pick Up Participant (Yogyakarta)