Dilihat 3046
OVERVIEW
Bank Indonesia (sebagaimana tersebut dalam PBI No.5/8/PBI/2003 yang selanjutnya telah diubah menjadi PBI No.11/25/PBI/2009 tentang Penerapan Manajemen Risiko bagi Bank Umum dan diikuti dengan Penetapan SE BI No.5/21/DPNP/2003 tentang Penerapan Manajemen Risiko bagi Bank Umum) telah mewajibkan setiap Bank di Indonesia untuk melakukan pengelolaan aspek risikonya termasuk pengelolaan Aspek Risiko Operasional (Operational Risk Management).
Pengelolaan Aspek Risiko Operasional pada Bank membutuhkan sumber daya manusia yang kompeten yang diperlengkapi dengan alat kerja yang memadai sehingga memudahkan Bank dalam memperoleh laporan profil risiko operasional yang berkualitas.
Pelaksanaan pengendalian risiko dan pengukurannya secara rutin pada umumnya dilakukan oleh unit kerja secara langsung atau melalui dukungan dari unit kerja Internal Control atau yang saat ini lebih dikenal sebagai unit kerja Quality Assurance.
Pelatihan ini akan membantu Bank dalam memberikan bekal pelaksanaan kerja kepada para pengelola risiko di setiap unit kerja dalam proses pemastian risiko (Risk Assurance) melalui pengetahuan prinsip-prinsip dasar pengelolaan, penggunaan contoh-contoh kertas kerja (Operational Risk Tools) secara kualitatif maupun kuantitatif yang mudah diaplikasikan secara langsung tanpa harus menunggu kesiapan teknologi informasi yang canggih sekalipun.
TUJUAN
- Memahami fungsi Quality Assurance/Internal Control sebagai pelaksana terdepan dalam penerapan pengelolaan risiko operasional pada Bank, mendampingi unit-unit kerja di dalamnya
- Memahami peran dan tugas Quality Assurance/Internal Control pada Bank
- Menguasai secara detail konsep kerja Quality Assurance/Internal Control pada Bank
- Menguasai penggunaaan alat kerja pengelolaan risiko operasional yang dilekatkan pada fungsi Quality Assurance/Internal Control, baik secara kualitatif maupun secara kuantitatif
- Mampu menerapkan pemahaman dan alat kerja yang diperoleh dalam pelatihan ini ke dalam tugas dan tanggung jawabnya sehari-hari, serta membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengelolaan risiko operasional kepada setiap karyawan bank lainnya
MATERI
- Fungsi dan Konsep Kerja Quality Assurance dalam Penerapan Pengelolaan Risiko Operasional
- Kertas Kerja (Operational Risk Tools) yang dipergunakan oleh Quality Assurance
- Peran Teknologi Informasi dalam Mendukung Pelaksanaan Pengelolaan Risiko Operasional
PARTICIPANT
Diperuntukkan bagi karyawan Bagian Operasional/Operations, Bagian Kepatuhan/Compliance, Satuan Kerja Manajemen Risiko/Risk Management dan khususnya unit Internal Control maupun Quality Assurance.
TRAINING METHOD
Presentation
Discussion
Case Study
Evaluation
FACILITY
Training Kit
Handout
Certificate
Lunch + 2x Coffee Break
Souvenir
Pick Up Participant (Yogyakarta)