Dilihat 1282
PENDAHULUAN
Dalam kondisi krisis saat ini, setiap perusahaan dituntut untuk melakukan strategi
cost reduction. Maka, setiap karyawan perlu dibekali metode melakukan
cost reduction yang benar, dilibatkan secara sistematis.
Quality Control Circle (QCC) adalah sekelompok karyawan yang secara proaktif membahas dan memecahkan masalah-masalah dalam pekerjaan dan lingkungannya dengan tujuan meningkatkan mutu usaha. Pada pelaksanaanya perlu adanya fasilitator (pemandu) atau atasan langsung.
Dalam proses pemecahan masalah kita kenal methodology PDCA
(Plan-Do-Chect-Act), yang merupakan pendekatan pemecahan masalah yang diperkenalkan Prof. Deming yang kemudian dikenal dengan
Deming Cycle, telah terbukti menyelesaikan 85 % masalah di tempat kerja. Metodologi
Problem Solving dengan pendekatan PDCA, membantu kita dalam menganalisa data, analisa penyebab masalah sehingga dapat ditemukan akar masalah sebagai dasar pengambilan tindakan koreksi dan perbaikan agar masalah sama tidak berulang. Dalam penerapannya, konsep PDCA ini dilengkapi dengan 7 QC Tools yaitu: Stratifikasi, Lembar Data, Grafik, Pareto Diagram, Histogram dan Diagram Ishikawa/Diagram Sebab-Akibat, dan Diagram Tebar/Scatter Diagram, yang dapat digunakan untuk pemecahan masalah dan perbaikan berkesinambungan seluruh karyawan di semua level.
MATERI
- Konsep dan Nilai Total Quality Management
- Membentuk dan Mengelola QCC
- Dasar dan Filosofi Mutu
- Mutu yang Dibentuk oleh Customer dan Kritik untuk Meningkatkan Mutu
- Proses Pemecahan Masalah (PDCA Cycle)
- 7QC Tools: Flowcharts, Pareto Charts, Cause and Effect Diagrams, Histograms, Scatter Diagrams, Control Charts
- Workshop: Studi Kasus Menggunakan 7 QC Tools
- Mentalitas Dasar: Cara Meningkatkan Personel Ownership
- Presentasi Lingkaran Kontrol Kualitas dan Teknik Fasilitasi
- Evaluasi Lingkaran Kontrol Kualitas
- Diskusi: Mengidentifikasi Akar Penyebab dan Rencana Aksi
- Diskusi: Studi Kasus Pengembangan QCC