Dilihat 1560
DESKRIPSI
Komunikasi dan negosiasi memiliki nilai strategis dalam pengembangan bisnis saat ini. Dalam konteks eksternal, komunikasi dan negosiasi efektif mampu mendongkrak citra perusahaan dan posisi perusahaan ditengah persaingan yang tajam saat ini. Dalam konteks internal, komunikasi dan negosiasi efektif akan menjadi kunci keharmonisan hubungan ketenagakerjaan dan mendorong efektifitas komunikasi organisasi, sehingga permasalahan internal yang terkait dengan hubungan antar karyawan dapat diminimalkan. Untuk itu
skill komunikasi dan negosiasi sangat diperlukan bagi
first line managers, middle level managers, dan
top level managers, agar mendorong perusahaan tetap
survive dalam jangka panjang.
Training ini merupakan kelanjutan dari training sebelumnya yang merupakan dasar pembentukan kemampuan berkomunikasi dan bernegosiasi. Dalam training ini peserta diharapkan akan memperoleh pemahaman dan
skill berkomunikasi dan benegosiasi lanjutan.
TUJUAN
- Membekali peserta dengan kiat berkomunikasi dan bernegosiasi yang efektif melalui pemahaman potensi diri
- Membekali peserta dengan kemampuan-kemampuan untuk penggunaan komunikasi dan negosiasi yang efektif
- Membekali peserta dengan aplikasi ketrampilan yang dibutuhkan dalam pekerjaaan sehari-hari melalui serangkaian latihan terpandu
OUTLINE MATERI
1. Pemahaman Apa yang Disebut Komunikasi dan Negosiasi
2. Mengidentifikasikan dan Mengatasi Halangan dalam Komunikasi
3. Mindset yang Diperlukan dalam Komunikasi:
- Pengembangan Rasa Percaya Diri
- Manajemen Prioritas
- Manajemen Emosi
4. Tiga Sub Skill Komunikasi
- Bahasa Tubuh
- Mendengarkan Empatik
- Ketrampilan Bertanya
5. Lima Skill Set Komunikasi yang Utama
- Memberikan Instruksi
- Berkomunikasi Asertif
- Coaching
- Memberi Umpan Balik Efektif
- Menangani Keluhan
6. Tiga Aplikasi Komunikasi: Manajemen Rapat, Presentasi Efektif dan Negosiasi
7. Tingkatan dalam Negosiasi
- Pengalaman Praktek Negosiasi dalam Berbagai Situasi dan Kondisi
8. Psikologi Negosiasi dan Penggunaannya
- Menciptakan Iklim Negosiasi
9. Memahami Orang Lain
- Mengenali Harapan dan Kebutuhan Orang Lain
- Mengapa Orang Menjadi Sulit dan Menjengkelkan
- Relasi Bisnis yang Sulit di Dalam Negosiasi
- Menghandle Tuntutan Relasi yang Sulit Berkompromi
- Menciptakan Pengalaman Menyenangkan Orang Lain
10. Model Komunikasi dalam Negosiasi yang Efektif dan Asertif
- Hambatan-hambatan dalam Komunikasi
- Persepsi dan Asumsi yang Menghambat
- Menyampaikan Umpan Balik yang Efektif
- Bahasa Tubuh dan Menginterpretasikan
11. Mengukur Keberhasilan Negosiasi
12. Mereview Negosiasi
13. Simulasi dan Praktek Negosiasi
PESERTA
Program ini ditujukan bagi first line managers, midle level managers, dan top level managers. Program juga penting bagi karyawan perusahaan untuk memberikan pemahaman tentang komunikasi dan negosiasi efektif yang mendorong efektifitas kerja.