Dilihat 1359
PENGANTAR
Di era ini, perusahaan tidak bisa lepas dari 3 pilar pembangunan berkelanjutan yaitu: secara ekonomi menguntungkan
(profit), ramah lingkungan
(planet) danpengembangan masyarakat
(people) yang menjamin keberlanjutan perusahaan. Kontribusi pada masyarakat dilakukan perusahaan melalui pengembangan masyarakat
(Community Development) atau tanggung jawab sosial dan lingkungan
(Corporate Social Responsibility) dengan melibatkan masyarakat dan pemangku kepentingan.
Tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan disamping diatur oleh pemerintah melalui regulasi dan juga menjadi komitmen global, salah satunya SDG
(Sustainability Develpoment Goals). Manfaat yang diperoleh perusahaan dalam melakukan CSR adalah meningkatnya citra dan reputasi perusahaan. Hal ini bisa diperoleh bila CSR yang dilakukan perusahaan didasarkan pada kebutuhan masyarakat, dilakukan secara berkesinambungan dan berorientasi pada pemberdayaan masyarakat mandiri.
Sedemikian penting CSR bagi perusahaan, pemangku kepentingan dan masyarakat maka perusahaan harus menempatkan orang-orang CSR (yang dikenal dengan
CSR/CD Officer) yang tepat dalam mengelola dan menjalankan Program CSR. Salah satu panduan yang dapat digunakan adalah ISO 26000:2010. Disamping itu PROPER dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memberikan panduan
Social Mapping untuk mengidentifikasi kebutuhan masyarakat dan menyusun rencana strategis dan program (PDCA) CSR perusahaan. CSR/CD Officer perusahaan harus memahami dan menjalankan siklus dan manajemen PDCA CSR yang sejalan dengan misi, visi dan sumber daya yang dimiliki. Disamping itu berbagai keterampilan praktis sangat diperlukan dalam menjalankan CSR sehingga mampu merepresentasikan perusahaan di tengah-tengah masyarakat dan pemangku kepentingan.
TUJUAN PELATIHAN
- Peserta pelatihan memahami CSR dan pentingnya CSR bagi perusahaan, masyarakat dan stakeholder
- Peserta pelatihan memahami tanggung jawab dan tugas seorang CSR/CD Officer dan keterampilan yang dibutuhkan
- Peserta pelatihan mampu mengembangkan kegiatan CSR/CD yang berorientasi pada pemberdayaan
MATERI PELATIHAN
- CSR Perusahaan Sebagai 3 Pilar Pembangunan Berkelanjutan
- ISO 26000: Panduan CSR Perusahaan
- Ciri dan Karakter CSR/CD Officer
- Tanggung Jawab dan Peran CSR Perusahaan
- PDCA dalam Pelaksanaan Program CSR
- Dokumen Social Mapping
- Perencanaan dan Pelaksanaan CSR Perusahaan
- Monitoring dan Evaluasi Program CSR Perusahaan
- Keterampilan Komunikasi dan Interpersonal
- Keterampilan Adaptasi dengan Masyarakat
- Keterampilan Membangun Kolaborasi