Dilihat 271
OVERVIEW
Pengukuran kinerja sangat diperlukan untuk mengevaluasi mengenai strategi perusahaan telah dijalankan dengan baik melalui program-programnya secara “Cascading down” dari level strategis sampai ke level operasional.
Balanced Scorecard merupakan salah satu metode yang banyak digunakan untuk mensinkronkan program dan kegiatan perusahaan dengan visi dan strategi organisasi, meningkatkan komunikasi internal dan eksternal dan memantau kinerja organisasi.
Pada prinsipnya,
Balanced Scorecard adalah konsep yang merupakan penerjemahan strategi dan tujuan yang ingin dicapai perusahaan dalam jangka panjang, yang kemudian diukur dan dimonitor secara berkelanjutan. Metode
Balanced Scorecard menyediakan metode pengukuran kinerja yang mengkombinasikan pengukuran tradisional yang menggunakan parameter finansial dengan pengukuran yang bersifat non-finansial secara seimbang, dengan menggunakan empat perspektif, yaitu: perspektif finansial, pelanggan, proses bisnis internal, dan pertumbuhan & pembelajaran.
Pelatihan ini akan membahas mengenai langkah-langkah pengukuran kinerja berdasarkan prinsip
Balanced Scorecard, kesulitan dan kelebihannya serta studi kasus dari
best practice perusahaan yang sudah mengaplikasikan
Balanced Scorecard.
BENEFIT
- Memahami metode dan berbagai perspective dalam Balanced scorecard
- Mengetahui dan memahami pengukuran kinerja menggunakan Balanced Scorecard
- Dapat menyusun dan mengaplikasikan pengukuran kinerja (KPI) perusahaan, departemen dan personal/individual berdasarkan metode Balanced Scorecard
MATERI
1. Ruang Lingkup Pengukuran Kinerja dalam Perusahaan
2. Pengukuran Kinerja Berdasarkan Balanced Scorecard (BSC)
3. Menyusun Strategic dengan Balanced Scorecard (BSC)
- Memahami Sistem Pengukuran Kinerja Perusahaan
- Model-model Pengukuran Kinerja
- Kelebihan dan Kekurangan Model Pengukuran Kinerja
- Konsep Dasar Balanced Scorecard
- Pengenalan Metode BSC: Finance Perspective, Customer Perspective, Business Process Perspective, Learning and Growth Perspective
- Keuntungan dan Hambatan Aplikasi BSC
- Benchmark Perusahaan yang Sudah Mengaplikasikan BSC
- Merumuskan Visi, Misi dan Strategi Perusahaan
- Menyusun Perencanaan Strategi (Strategy Maps)
- Merumuskan Target dan Pengukuran (Key Performance Indicator)
- Cascading Down BSC
4. Pengukuran Kinerja (KPI) Perusahaan
5. Menyusun Pengukuran Kinerja (KPI) Departemen
6. Menyusun Pengukuran Kinerja (KPI) Individu
7. Mekanisme Perhitungan Performance Appraisal Karyawan
- KPI Individu
- Penilaian Perilaku Kerja 360 Derajat
- Pembobotan KPI dan 360 Derajat
8. Mekanisme Perhitungan Distribusi Normal atas Nilai PA untuk Penentuan Best Performance Employee