Dilihat 3955
DESKRIPSI
Program CSR merupakan salah satu bentuk kontribusi perusahaan terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar untuk memajukan perekonomian dan meningkatkan taraf hidup masyarakat. Program CSR merupakan investasi jangka panjang yang berguna untuk meminimalisasi risiko sosial, serta berfungsi sebagai sarana meningkatkan citra perusahaan di mata public. Dalam menjalankan
program Corporate Social Responsibility (CSR) dan
Community Development, perusahaan perlu selalu melakukan monitoring dan evaluasi agar program yang yang sedang dan sudah dijalankan tepat sesuai dengan sasarannya. Monitoring dan Evaluasi merupakan salah satu tahapan dari beberapa tahapan yang ada dalam pengelolaan suatu proyek. Istilah Monitoring dan Evaluasi dalam beberapa dokumen sering disebutkan secara terpisah namun di beberapa dokumen lain sering pula disebutkan secara bersamaan. Ada beberapa persamaan antara monitoring dan evaluasi, tetapi ada pula perbedaan yang jelas antara monitoring dan evaluasi.
Monitoring dan Evaluasi berbasis hasil menekankan pencapaian hasil sebagai tujuannya, juga menekankan kepada upaya melihat dan menilai capaian tersebut. Pencapaian hasil dalam pendekatan ini dipahami sebagai hasil pembangunan yang terukur. Konsep terukur dari perubahan (hasil) yang ingin dicapai didekati dengan memperhatikan unsur “SMART” yang berarti :
Specific, Measurable, Achievable Relevant, Time bound.
BENEFIT
- Pembelajaran (perbaikan)
- Akuntabilitas baik terhadap pihak internal maupun external (pembuktian)
- Menjamin efisiensi dan efektivitas Proyek
- Menjadi motivasi dari masukan atas capaian hasil
- Kredibilitas jika apa yang diharapkan tercapai.
OUTLINE MATERI
- Ruang Lingkup Monitoring dan Evaluasi Program CSR dan Community Development (COMDEV)
- Siklus Manejemen Proyek
- Langkah-langkah Monitoring dan Evaluasi
- Model Monitoring dan Evaluasi
- Pengumpulan Data
- Merancang Monitoring dan Evaluasi
- Analisis Data dan Pembuatan Laporan
TARGET
Manajer dan Staff Public Relations, Corporate Secretary, Corporate Communications atau karyawan lain yang menjalankan fungsi public relations untuk menjaga citra perusahaan dan produknya, divisi/bagian yang merancang dan atau melaksanakan program program CSR, dinas/kantor pemerintah yang menjadi mitra dalam pelaksanaan CSR perusahaan, serta masyarakat umum yang berminat dengan program ini.
TRAINING METHOD
Presentation
Discussion
Case Study
Evaluation
FACILITY
Training Kit
Handout
Certificate
Lunch + 2x Coffee Break
Souvenir
Pick Up Participant (Yogyakarta)