Dilihat 2823
DESCRIPTION
Awal abad ke-21 ini, persaingan antar perusahaan semakin ketat. Sebab, liberalisasi, keterbukaan informasi dan revolusi teknologi membuat customer semakin mempunyai banyak pilihan terhadap produk yang dibutuhkannya. Kemampuan perusahaan untuk mengendalikan harga jual pun kini menjadi terbatas. Tidak lagi mudah bagi produsen mematok laba yang tinggi dengan menaikkan harga. Sebab harga yang tinggi membuat produk tersebut akan dijauhi oleh pembelinya. Pembeli akan lebih beralih ke produk yang berkualitas baik, namun berharga murah, serta mempunyai layanan purna jual cepat dan mudah.
Ironisnya, dengan kondisi pasar yang semakin sulit ini, manajemen justru dituntut untuk meningkatkan laba perusahaan. Tidak ada pilihan lain, bahwa tuntutan itu hanya bisa dilakukan jika perusahaan mampu
menurunkan biaya (cost reduction) dan menghilangkan proses-proses yang tidak memberikan nilai tambah.
Namun, untuk sukses melakukannya tidaklah mudah. Dibutuhkan komitmen yang tinggi dari manajemen dan keterlibatan semua unsur dalam perusahaan. Tidak hanya bagian produksi, tapi juga bagian marketing, support produksi dan administrasi. Sehingga dalam konteks ini ego beberapa bagian yang merasa merekalah yang harus mendapatkan benefit tertinggi karena merasa paling berpengaruh bagi kelanjutan perusahaan menjadi tidak menemukan relevansinya. Di dalam pelatihan ini akan dibahas beberapa teknik
Cost Reduction yang telah terbukti efektivitasnya tanpa pengorbanan
quality, delivery, dan
customer service.
OBJECTIVES
- Memahami filosofi konsep serta manfaat dari Cost Reduction
- Memahami kondisi-kondisi yang dibutuhkan dalam penerapan Cost Reduction Policy
- Memahami metode-metode identifikasi Non-Added Value Process, metode untuk peningkatan efektivitas dengan Cost Reduction
- Mengetahui kendala-kendala dalam penerapan Cost Reduction
- Mengetahui Best Practice dalam Cost Reduction
- Teknik melakukan kontrol
- Memahami bagaimana menyusun program pengurangan biaya strategis
OUTLINE
1. Filosofi dan Perkembangan Konsep Cost Reduction, Tantangan dan Hambatan
2. Kendala-kendala dalam Penerapan Cost Reduction
3. Syarat Paling Utama Cost Reduction : Komitment Management-The Leader bukan The Manager
4. Reduction Cost
- Profit = Price-Cost, bukan Price = Cost + Profit
5. Identifikasi Proses-proses yang Menaikkan Biaya : Pemborosan, Ketidakseimbangan, dan Kelebihan Beban (Muda, Mura, Muri)
6. Metode-metode Melakukan dan Analisis Cost Reduction
- Budgeting : Filter awal pengendalian biaya
- Risk Management & Risk Analysis
- Standard Cost dan Activity Based Costing/Management (ABC/M)
- Lean Manufacturing : Pull System, Heijunka, One Piece Flow, Value Stream Mapping, dll
- Six Sigma dll
7. Kebijakan 5R/5S dan Aplikasi dalam Tempat Kerja (Gemba)
8. Identifikasi dan Pengendalian Proses Terhadap Fraud (kecurangan)
9. Perbaikan Terus-menerus (Kaizen)
- Perbedaan antara Kaizen dan Inovasi
- Pembentukan Gugus Kendali Mutu (QCC)
- Kelompok Belajar/Improvement (Jishuken)
10. Kegagalan-kegagalan dalam Penerapan Cost Reduction Program
11. Keberlanjutan Cost Reduction Program
- Review, Standarisasi dan Pembuatan SOP
- Membangun Budaya Activity Based Cost Reduction
12. Best Practice dalam Cost Reduction
- Cost Reduction di Produksi
- Cost Reduction di Quality Assurance
- Cost Reduction di Finance & Administrasi
- Cost Reduction di Marketing
TRAINING METHOD
Presentation
Discussion
Case Study
Evaluation
FACILITY
Training Kit
Handout
Certificate
Lunch + 2x Coffee Break
Souvenir
Pick Up Participants (Yogyakarta)