Dilihat 1451
DESCRIPTION
Setiap organisasi bisnis harus mampu mengindentifikasikan KPI mereka, tidak cukup dengan memiliki laporan rugi laba saja yang hanya ada di tataran
financial saja. KPI lebih komplek, lebih detil dan lebih lengkap. KPI harus mampu mengukur kesehatan dan kekuatan organisasi bisnis Anda. Banyak perusahaan yang sudah menerapkan KPI, dengan jumlah KPI yang ternyata sangat banyak. Satu
job holder memiliki 20 KPI, 25 KPI, 30 KPI, sangat ironis sekali. Konsep KPI ternyata sampai saat ini belum dipahami dengan baik dan benar. Tujuan KPI salah satunya adalah agar
job holder fokus terhadap hal-hal yang sangat penting saja. Jika satu orang
job holder memiliki sekian banyak KPI, maka yang terjadi adalah KPI yang tidak memiliki fokus, tidak memiliki kemampuan beradaptasi, kaku dan menyulitkan seorang
job holder.
KPI sesuai namanya,
Key Performance Indicators, mengandung kata penting “KEY” yang artinya kunci, penting, sangat penting, punya peranan maha penting, dsb. Mengapa hanya yang maha penting ini saja yang dimasukkan dalam KPI, karena harapannya semua karyawan dapat FOKUS 100% terhadap apa yang dianggap sangat penting itu. Tetapi tidak diartikan mengabaikan pekerjaan lain yang dianggap kurang penting.
OUTLINE MATERI
- KPI: Definisi, Fungsi dan Prinsip
- KPI: Part of Performance Management
- KPI: Kesalahan Umum dalam Membuat & Menentukan KPI
- Jenis-jenis KPI
- Leading Indicator - Lagging Indicator
- Process based KPI & Result Based KPI
- Teknik Membedakan KPI dan Bukan KPI
- Metode dan Teknik Mengidentifikasi KPI
- KPI berbasis BSC, KRA, QQCT
- Tahap-tahap Pembuatan KPI
- Monitoring Pencapaian KPI
- Latihan/Praktek Membuat KPI & Goal Setting
PARTICIPANT
Praktisi HRD yang ingin menguasai pembuatan KPI, Staff, Supervisor, Manager dari semua unit/departemen di perusahaan, Owner, dll
TRAINING METHOD
Presentation
Discussion
Case Study
Evaluation
FACILITY
Training Kit
Handout
Certificate
Lunch + 2x Coffee Break
Souvenir
Pick Up Participant (Yogyakarta)