Pendaftaran
Cakra Biwa Consultant

Journalistic and Corporate Communications

Dilihat 1330
Cakra Biwa Consultant
OVERVIEW Dalam situasi kompetisi yang kian ketat, sebuah perusahaan dalam berbagai bidang perlu meningkatkan kemampuan berkomunikasi baik kepada pihak eksternal maupun internal. Pihak manajemen korporasi mempunyai tanggung jawab untuk bisa berkomunikasi, untuk meningkatkan penjualan maupun membangun citra yang bagus di mata masyarakat. Dengan makin banyak dan beragamnya media, termasuk media sosial, sebuah perusahaan harus peka terhadap isu-isu yang berkembang di media untuk meminimalisasi risiko terhadap perusahaan akibat eksploitasi media. Guna lebih memahami media, perlu pemahaman tentang jurnalistik. Jurnalistik pun menjadi kian diperlukan perusahaan setelah cara ini menjadi strategi baru dalam bidang pemasaran sekaligus kehumasan. Cara ini sering disebut Corporate Jurnalism. Dengan Jurnalisme perusahaan, sebuah perusahaan tidak hanya memasang iklan atau spanduk untuk berkomunikasi dengan klien atau konsumennya. Perusahaan juga memproduksi sekaligus menyebarkan sendiri berita, artikel, atau feature tentang produk dan aktivitasnya kepada publik melalui media yang mereka miliki. Strategi baru ini juga bisa untuk mengimbangi berita-berita yang ada di media utama. Organisasi besar dan kecil kini tidak lagi mesti bergantung pada media utama untuk mengomunikasikan berita. Perusahaan bisa secara langsung dan efektif kepada publik. Sebuah perusahaan dapat menerbitkan buletin, majalah, atau tabloid untuk menyebarkan beritanya. Perusahaan juga bisa memanfaatkan media-media online seperti website/blog ataupun media sosial. Karena itu, perlu ada unit atau divisi khusus untuk mengelolanya, termasuk semacam “News Room”. Interaksi dengan publik (klien) akan intensif, seperti menanggapi keluhan, pertanyaan, atau pesanan (order). Dengan demikian, sebuah perusahaan juga dituntut untuk mampu “mengundang” pembaca sehingga berita yang mereka publikasikan itu dibaca sebanyak mungkin orang, sebagaimana pembaca media pada umumnya. Untuk itu, dibutuhkan kreativitas dalam jurnalisme perusahaan dalam hal manajemen medianya. BENEFIT
  1. Memahami pentingnya jurnalistik untuk kepentingan perusahaan
  2. Mengetahui manajemen keredaksian
  3. Memahami fungsi dan aplikasi jurnalisme
  4. Menguasai praktek menulis
  5. Menguasai permasalahan organisasi dan solusi melalui jurnalistik
OUTLINE MATERI 1. Jurnalistik dan Strategic Corporate Communications 2. Proses Kerja Jurnalistik dan Manajemen Media 3. Teknik Reportase dan Wawancara 4. Teknik Penulisan 5. Praktek/Simulasi Reportase/Wawancara 6. Praktek Menulis 7. Fotografi Jurnalistik 8. Evaluasi

Evaluasi tulisan meliputi antara lain struktur kalimat, logika kalimat, dan gaya bahasa

TRAINING METHOD Presentation Discussion Case Study Evaluation FACILITY Training Kit Handout Certificate Lunch + 2x Coffee Break Souvenir Pick Up Participant (Yogyakarta)
Form Pendaftaran pelatihan di cakra

Formulir Pendaftaran

Silahkan isi FORMULIR PENDAFTARAN berikut dengan data yang benar agar
Kami dapat konfirmasi ulang kembali via email, WA maupun telepon.

Form Data Personal

Personal Data

*Harus diisi

Form Data Materi Training

Data Materi Training

*Harus diisi

Form Data Materi 2 Training

Pastikan data yang diisi sudah benar agar Kami konfirmasi ulang kembali via email, WA maupun telepon terimakasih.

HUBUNGI KAMI

Komplek Pertokoan Ruko Tritunggal No. T7, Jotawang, Bantul, Yogyakarta 55188

Phone : 0811 2949 265