Dilihat 831
DESKRIPSI
Di era ini, perusahaan tidak bisa lepas dari 3 pilar pembangunan berkelanjutan yaitu: secara ekonomi menguntungkan (profit), ramah lingkungan (planet) dan pengembangan masyarakat (people) yang menjamin keberlanjutan perusahaan. Kontribusi pada masyarakat dilakukan perusahaan melalui pengembangan masyarakat (Community Development) atau tanggung jawab sosial dan lingkungan (Corporate Social Responsibility) dengan melibatkan masyarakat dan pemangku kepentingan.
Tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan disamping diatur oleh pemerintah melalui regulasi dan juga menjadi komitmen global, salah satunya SDG (Sustainability Develpoment Goals). Manfaat yang diperoleh perusahaan dalam melakukan CSR adalah meningkatnya citra dan reputasi perusahaan. Hal ini bisa diperoleh bila CSR yang dilakukan perusahaan didasarkan pada kebutuhan masyarakat, dilakukan secara berkesinambungan dan berorientasi pada pemberdayaan masyarakat mandiri.
Sedemikian penting CSR bagi perusahaan, pemangku kepentingan dan masyarakat maka perusahaan harus menempatkan orang-orang CSR (yang dikenal dengan CSR/CD Officer) yang tepat dalam mengelola dan menjalankan Program CSR. Salah satu panduan yang dapat digunakan adalah ISO 26000:2010. Disamping itu PROPER dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memberikan panduan Social Mapping untuk mengidentifikasi kebutuhan masyarakat dan menyusun rencana strategis dan program (PDCA) CSR perusahaan. CSR/CD Officer perusahaan harus memahami dan menjalankan siklus dan manajemen PDCA CSR yang sejalan dengan misi, visi dan sumber daya yang dimiliki. Disamping itu berbagai keterampilan praktis sangat diperlukan dalam menjalankan CSR sehingga mampu merepresentasikan perusahaan di tengah-tengah masyarakat dan pemangku kepentingan.
MANFAAT DAN TUJUAN
- Memahami dan mengimplementasikan ISO 26000: 2010
- Memahami dan mengimplementasikan kebijakan-kebijakan CSR dan Community Development
- Mampu melakukan monitoring dan evaluasi program CSR dan Community Development
MATERI
- CSR Perusahaan Sebagai 3 Pilar Pembangunan Berkelanjutan
- ISO 26000: Panduan CSR Perusahaan
- Ciri dan Karakter CSR/CD Officer
- Tanggung Jawab dan Peran CSR Perusahaan
- PDCA dalam Pelaksanaan Program CSR
- Dokumen Social Mapping
- Perencanaan dan Pelaksanaan CSR Perusahaan
- Monitoring dan Evaluasi Program CSR Perusahaan
- Keterampilan Komunikasi dan Interpersonal
- Keterampilan Adaptasi dengan Masyarakat
- Keterampilan Membangun Kolaborasi
TARGET PESERTA
Personel perusahaan yang terlibat dalam program CSR dan bagian lain yang terkait seperti SDM, Perencanaan Operasi dan Pemeliharaan, Akuntasnsi, Lingkungan dan K3
TRAINING METHOD
Presentation
Discussion
Case Study
Evaluation
FACILITY
Training Kit
Handout
Certificate
Lunch + 2 X Coffee Break
Pick Up Participant (Yogyakarta)