Dilihat 1258
DESCRIPTION
CSR sebagai bagian dari pertanggungjawaban
social profitable company kepada stakeholder eksternal perlu dimanajemen dengan baik dan tepat, sehingga menghasilkan dampak yang meningkatkan
branding maupun
positioning perusahaan, khususnya di era global yang menekankan perlunya perusahaan yang ramah lingkungan. Selain itu, manajemen CSR harus mampu memberikan dampak positif terhadap stakeholder internal, dimana salah satunya adalah CSR haruslah menjadi strategi peningkatan operasional perusahaan.
Di sisi lain, mengingat bahwa CSR adalah merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan perusahaan sebagaimana amanat UU No.40/2007 Bab V pasal 74, maka “expenses” tersebut harus dikelola dan dimanajemen, sehingga memberikan dampak positif bagi
sustainability perusahaan di masa mendatang. Pola pikir inilah yang membuat manajemen CSR menjadi tidak sekedar
Charity Program, tetapi harus menjadi “alat” marketing yang
powerfull.
Mengingat pelaksanaan CSR haruslah terukur dan dapat dipertanggungjawabkan, maka komponen penting lainnya adalah bagaimana melaksanakan monitoring dan evaluasi agar dampak positif yang dihasilkan oleh Program
Sustainable. Sehingga dapat dibuktikan bahwa CSR mendukung strategi perusahaan dan memiliki komitmen serta berkontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan
(sustainable development) dari area geografis sasaran penjualan/operasional perusahaan.
TUJUAN
- Peserta pelatihan mampu meningkatkan pemahaman tentang bagaimana tim CSR perusahaan memahami permasalahan yang ada di masyarakat di sekitar perusahaan dengan menerapkan Konsep Community Development
- Peserta pelatihan mampu meningkatkan ketrampilan dalam menerapkan manajemen CSR yang meliputi pemetaan sosial, perencanaan strategis CSR dalam Strategy Map perusahaan, implementasi program, dan evaluasi keberhasilannya
- Peserta pelatihan mampu meningkatkan ketrampilan dalam reporting CSR yang bersifat sustainable development
OUTLINE MATERI
- Ruang Lingkup Manajemen CSR
- Social dan Stakeholder Mapping
- Konsep CSR, Konsep Comdev, Konsep Charity Program
- Identifikasi dan Penyusunan Program CSR
- Monitoring dan Evaluasi Program CSR
- Studi Kasus Keberhasilan dan Kegagalan CSR
TRAINING METHOD
Pre dan Post Test
Presentation
Discussion
Case Study
Evaluation
FACILITY
Training Kit
Flash disk
Handout
Certificate
Lunch + 2x Coffee Break
Souvenir
Pick Up Participant (Yogyakarta)