Dilihat 537
PENDAHULUAN
Effective Communication Skill merupakan kemampuan utama yang harus dimiliki oleh para staff dan administrasi profesional. Komunikasi merupakan benang merah dari seluruh kegiatan yang berlangsung dalam suatu organisasi. Komunikasi memiliki 5 tujuan utama yaitu memperoleh dan memberikan informasi, memastikan suatu pemahaman, membujuk, mendapatkan follow up (suatu tindakan), dan mengubah perilaku. Apabila setiap orang di organisasi memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik maka dapat dipastikan bahwa organisasi tersebut akan mencapai keberhasilan dalam memberikan pelayanan yang optimal. Melalui pelatihan ini para peserta akan dilatih keterampilan mereka dalam berbicara (speaking) maupun mendengarkan (listening) dengan lebih memahami kebutuhan dan keinginan orang lain (berempati) sehingga kesalahan akibat buruknya komunikasi dapat dihindari.
TUJUAN
- Memahami pentingnya memiliki ketrampilan komunikasi yang baik
- Berbicara dengan smart dan berempati
- Mendengarkan dengan cermat dan berempati
- Mengatasi berbagai permasalahan yang timbul dalam komunikasi
MATERI PELATIHAN
1. Konsep dan Karakteristik Pelayanan yang Efektif
2. Manfaat Implementasi Komunikasi yang Efektif
3. Teknik Komunikasi yang Baik
- Relasional Komunikasi
- Empati dalam Komunikasi
- Inisiatif Personal untuk Mengembangkan dan Mempertahankan Hubungan
- Berbicara Cerdas dan Berempati
- Mendengarkan yang Baik dan Berempati
- Pengaruh dan Control dalam Praktek Komunikasi
- Mengatasi Hambatan dalam Berbicara dan Mendengarkan
4. Pengembangan Pribadi: Merumuskan Rencana Aksi
5. Hambatan dan Solusi dalam Implementasi
TRAINING METHOD
Presentation
Discussion
Case Study
Evaluation
FACILITY
Training Kit
Handout
Certificate
Lunch + 2x Coffee Break
Souvenir
Pick Up Partipants (Yogyakarta)