Pendaftaran
Cakra Biwa Consultant

E-Banking (ATM/EDC) : Optimalisasi Fitur Elektronik Perbankan

Dilihat 1560
Cakra Biwa Consultant
DESKRIPSI Teknologi di dunia perbankan, Electronic Banking, atau e-banking bisa diartikan sebagai aktifitas perbankan melalui media internet. Layanan ini memungkinkan nasabah sebuah bank dapat melakukan hampir semua jenis transaksi perbankan melalui sarana internet, khususnya via website. Lewat sarana internet seorang nasabah dapat melakukan pengecekan rekening, transfer dana antar rekening, hingga pembayaran tagihan-tagihan rutin bulanan (listrik, telepon, dsb.) melalui rekening banknya. Selain melalui sarana internet, pemanfaatan mesin ATM merupakan salah satu sarana pelayanan yang memudahkan nasabah dalam kegiatan transaksi perbankan untuk pembayaran E-Banking. Seiring dengan persaingan yang semakin ketat antar bank yang satu dengan yang lain, kualitas pelayanan yang tinggi termasuk di dalamnya pelayanan ATM, merupakan sebuah tuntutan. Persaingan usaha dunia perbankan di Indonesia dalam menjaring nasabah sebayak-banyaknya berdampak pada semakin tingginya tuntutan pelayanan yang harus disediakan oleh bank. Dengan jumlah bank dan kantor cabang yang cukup banyak dan produk yang ditawarkan bank beragam, kualitas pelayanan memang masih ampuh bagi bank untuk mempertahankan nasabah atau mendapatkan nasabah baru. Kualitas pelayanan sangat penting dalam bisnis perbankan. Bank-bank semakin bersaing dalam merebut customer based dengan mengandalkan kualitas pelayanan. Selain menawarkan berbagai macam produk, perbaikan di sisi teknologi informasi juga dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Semua itu disiapkan untuk memenuhi kebutuhan nasabah dan akhirnya diharapkan mampu menjaring dana masyarakat. Salah satu sarana pelayanan yang memudahkan nasabah dalam kegiatan transaksi perbankan adalah fasilitas mesin EDC (Electronic Data Capture). Seiring dengan persaingan yang semakin ketat antar bank yang satu dengan yang lain, kualitas pelayanan yang tinggi termasuk di dalamnya layanan kemudahan pembayaran, merupakan sebuah tuntutan. Pelatihan ini membahas berbagai kegunaan dan kelebihan mesin EDC sebagai sarana memberikan keleluasaan bertransaksi pada nasabah.   MANFAAT Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta dapat lebih memahami tentang bagaimana pemanfaatan tekhnologi E-Banking sebagai tekhnologi informasi dalam dunia bisnis disesuaikan dengan regulasi pemerintah. Peserta akan semakin memahami fitur-fitur yang ada dalam ATM dan Mesin EDC, sistem analisis dan monitoringnya. Selain itu, dengan studi kasus perbankan peserta juga akan mengetahui jenis-jenis masalah-masalah yang muncul dalam penyalahgunaan e-banking serta langkah-langkah yang benar dalam mengatasi fraud dan costumer complain.   MATERI TRAINING 1. Pengantar Teknologi Perbankan 2. Pengembangan Teknologi Informasi Dunia Perbankan 3. Regulasi Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan terkait dengan Transaksi Elektronik Perbankan 4. Aplikasi Teknologi Informasi Dunia Bisnis 5. Infrastuktur Sofware, Hardware dan Jaringan 6. Keuntungan menggunakan teknologi pembayaran e-banking 7. Jenis Mesin ATM dan Kartu ATM 8. Fitur Transaksi ATM 9. Sistem Analisis Program (Operator, User, Bank) 10. Sistem AMS (ATM-Monitoring System) 11. Pengenalan Type dan Spesifikasi Mesin EDC 12. Prosedur Pengajuan Mesin EDC oleh Pengusaha 13. Mekanisme Penggunaan Mesin EDC 14. Fitur Transaksi Mesin EDC 15. Perintah bayar (Settlement) 16. Fasilitas yang diberikan Bank Penerbit Kartu 17. Sistem Keamanan Data Transaksi 18. Penyalahgunaan yang sering terjadi dalam teknologi pembayaran e-banking 19. Prinsip Perlindungan Nasabah 20. Studi Kasus Fraud dalam perbankan, bagaimana menghindari kejahatan dan kecurangan dalam transaksi serta hak-hak bank dalam menanganinya TRAINING METHOD Presentation Discussion Case Study Evaluation   FACILITIES Training Kit Handout Certificate Lunch + 2 X Coffee Break Souvenir
Form Pendaftaran pelatihan di cakra

Formulir Pendaftaran

Silahkan isi FORMULIR PENDAFTARAN berikut dengan data yang benar agar
Kami dapat konfirmasi ulang kembali via email, WA maupun telepon.

Form Data Personal

Personal Data

*Harus diisi

Form Data Materi Training

Data Materi Training

*Harus diisi

Form Data Materi 2 Training

Pastikan data yang diisi sudah benar agar Kami konfirmasi ulang kembali via email, WA maupun telepon terimakasih.

HUBUNGI KAMI

Komplek Pertokoan Ruko Tritunggal No. T7, Jotawang, Bantul, Yogyakarta 55188

Phone : 0811 2949 265