Pendaftaran
Cakra Biwa Consultant

CSR untuk Pengembangan Masyarakat

CSR untuk Pengembangan Masyarakat
Dilihat 666
Cakra Biwa Consultant
DESKRIPSI  Tanggung Jawab Sosial Perusahaan atau biasa disebut Corporate Social Responsiblity (CSR), merupakan suatu upaya sungguh-sungguh dari perusahaan untuk meminimumkan dampak negatif dan memaksimumkan dampak positif operasinya dalam ranah ekonomi, sosial dan lingkungan terhadap seluruh pemangku kepentingannya (stakeholder), untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. Di Indonesia, UU No.40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Pada Pasal 74 ayat 1 disebutkan bahwa PT yang menjalankan usaha di bidang dan atau bersangkutan dengan sumber daya alam wajib menjalankan tanggung jawab sosial dan lingkungan landasan hukum CSR semakin kuat dengan disahkannya Undang-Undang. Saat ini, CSR tidak hanya sebagai sebuah tuntutan, tetapi juga sebuah kebutuhan bagi perusahaan. Apabila dirancang dan diterapkan dengan benar, CSR akan menjadi investasi sosial jangka panjang yang berguna tidak hanya meningkatkan citra perusahaan di mata publik dan investor, juga sebagai strategi bisnis dan pengendalian resiko sosial (Social Risk Management). Akan tetapi fakta di lapangan, pemahaman atas tanggung jawab sosial pada umumnya masih sebatas charity, philanthropy dan community development (comdev). Bahkan di banyak perusahaan kebijakan tanggung jawab sosial dibebankan kepada Departemen Humas. Padahal kegiatan CSR adalah suatu keputusan strategis yang menyeluruh. CSR adalah bertanggung jawab atas dampak ekonomis maupun sosial yang ditimbulkan perusahaan atau organisasi kepada para stakeholders internal dan eksternal, beserta lingkungan tempat perusahaan atau organisasi tersebut berada. Melalui pelatihan ini diharapkan para peserta mengerti dan memahami pentingnya Program Corporate Social Responsibility (CSR) sesuai amanat UU No. 40/2007 dan mampu merancang dan melaksanakan Program Corporate Social Responsibility (CSR) yang baik dan efektif. TUJUAN
  1. Peserta pelatihan mampu meningkatkan pemahaman seputar CSR serta ukuran keberhasilan serta berbagai metode perencanaan program.
  2. Peserta pelatihan mampu meningkatkan keterampilan dalam perencanaan/desain program termasuk dalam mengidentifikasi isu/masalah beserta kebutuhan implementasi program.
  3. Peserta pelatihan mampu memahami metode perencanaan Program CSR beserta persiapan sosial dalam kerangka implementasi program.
  4. Peserta pelatihan mampu mengimplementasikan perencanaan yang sudah dibuat dalam perusahaan.
  MATERI 1. Orientasi CSR Konteks Kekinian 2. CSR Sebagai Konsep Strategis 3. Analisa Kebutuhan dan Pemetaan Kondisi Masyarakat untuk Program CSR 4. Pemberdayaan Komunitas/Masyarakat (Community Development) 5. Strategi Penyusunan Program CSR dan Penulisan Laporan CSR 6. Bentuk-bentuk Program CSR 7. Tahapan Pelaksanaan Program CSR 8. Strategi Pelaksanaan 9. Antisipasi dan Solusi Hambatan Pelaksanaan Program CSR   TRAINING METHOD Presentation Discussion Case Study Evaluation FACILITIES Training Kit Flash disk Handout Certificate Lunch + 2x Coffee Break Souvenir Pick Up Participant (Yogyakarta)
Form Pendaftaran pelatihan di cakra

Formulir Pendaftaran

Silahkan isi FORMULIR PENDAFTARAN berikut dengan data yang benar agar
Kami dapat konfirmasi ulang kembali via email, WA maupun telepon.

Form Data Personal

Personal Data

*Harus diisi

Form Data Materi Training

Data Materi Training

*Harus diisi

Form Data Materi 2 Training

Pastikan data yang diisi sudah benar agar Kami konfirmasi ulang kembali via email, WA maupun telepon terimakasih.

HUBUNGI KAMI

Komplek Pertokoan Ruko Tritunggal No. T7, Jotawang, Bantul, Yogyakarta 55188

Phone : 0811 2949 265