Dilihat 2330
DESCRIPTION
Pada dasarnya komunikasi adalah sarana yang paling krusial. Hampir 95% dari waktu yang dimiliki oleh para manajer atau pemegang kepentingan perusahaan dihabiskan untuk melakukan komunikasi, baik itu dengan kolega, partner bisnis, maupun bahawan. Komunikasi disini sangat penting peranannya, bahkan menjadi salah satu kunci sukses dari keberhasilan perusahaan, terlebih dalam memberikan pelayanan, memerlukan interaksi yang baik melalui komunikasi sehingga hubungan baik dengan
stakeholder akan dapat terjalin. Kemampuan untuk menyampaikan informasi perusahaan kepada publik luar, mekanisme penyampaian informasi dan pengenalan media apa saja yang bisa dimanfaatkan secara efektif akan sangat mempengaruhi citra perusahaan di mata
stakeholder. Terjadinya
miss communication akan menurunkan citra perusahaan yang berdampak pada hilangnya kepercayaan publik dan akhirnya berdampak pada penjualan atau pelayanan yang dihasilkan.
Perusahaan atau organisasi yang baik harus mengembangkan komunikasi yang
excellent kepada para
stakeholder. Berbagai anggapan atau persepsi yang buruk dalam pikiran
stakeholder harus dikurangi bahkan ditiadakan. Bagaimana caranya? Melalui program pelatihan inilah akan dibahas lebih dalam mengenai teori disertai pembahasan terhadap studi kasus. Diharapkan melalui studi kasus ini akan membantu peserta untuk memiliki wawasan mendalam tentang seluk beluk komunikasi perusahaan dalam hubungannya dengan
stakeholder.
OBJECTIVE
Setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan peserta dapat:
- Meningkatkan pemahaman mengenai Corporate Reputation dan pentingnya komunikasi dalam perusahaan
- Dapat melakukan komunikasi, baik internal organisasi maupun eksternal
- Memahami tentang peran komunikasi perusahaan, mekanisme dalam penyampaian informasi dan berbagai aktivitas untuk menjalin komunikasi dengan media serta troubleshooting dalam Corporate Communication
- Memahami unsur-unsur kesalahan dalam melakukan komunikasi dan belajar dari kesalahan tersebut
COURSE OUTLINE
- Konsep Komunikasi Perusahaan
- Konsep Komunikasi dan Pelayanan Prima
- Peran dan Manfaat Komunikasi bagi Perusahaan
- Karaktek Pelayanan Perusahaan
- Identifikasi Audience Expectation/Stakeholder
- Perencanaan Komunikasi Perusahaan
- Jenis Model Komunikasi
- Mekanisme Penyampaian Informasi kepada Publik dan Stakeholder
- Pengenalan Berbagai Jenis Media, Aktivitas Media, Karakter Media
- Mengembangkan Press Release dan Hubungan dengan Media (Media Relations)
- Teknik Mengatasi Miss Communication dan Krisis Komunikasi dengan Stakeholder dan Media
- Peranan PR
- Customer Behavior
- Press Conference
- Media Control
- Studi Kasus
PARTICIPANT
Semua level Manager, Supervisor dan Staff General Affair, Public Relation, bagian yang memerlukan topik ini.
TRAINING METHOD
Pre test
Presentation
Discussion
Case Study
Post test
Evaluation
FACILITY
Training Kit
Handout
Certificate
Lunch + 2x Coffee Break
Souvenir
Pick Up Participant (Yogyakarta)