Dilihat 1440
DESKRIPSI
Sebagian besar permasalahan bisnis di lapangan ternyata disebabkan oleh kurangnya pemahaman para pelaku usaha akan arti penting sebuah kontrak dan pembuatan kontrakĀ secara benar. Seringkali kontrak yang diajukan langsung ditandatangani tanpa memperhatikan isi dari kontrak tersebut. Bahkan tidak jarang pula, kontrak dibuat asal jadi, atau hasil mengkopi dari sana-sini, tanpa memandang relevansinya dengan kepentingan bisnis yang ingin dijalani.
Akibatnya, ketika terjadi permasalahan di kemudian hari, kontrak yang seharusnya bisa menjadi rujukan untuk menyelesaikan sengketa, justru malah menyebabkan timbulnya kerugian-kerugian yang sebenarnya bisa dihindari apabila pelaku bisnis memposisikan kontrak sebagai elemen krusial dalam menjalankan kerjasama bisnis. Kontrak merupakan dasar yang mengatur hak dan kewajiban para pihak dalam aktivitas bisnis. Ia merupakan jembatan yang menghubungkan hak dan kewajiban dari masing-masing pelaku usaha dengan tujuan untuk membangun kepastian hukum di antara keduanya.
Oleh karenanya pemahaman dan kemampuan membuat kontrak menjadi suatu hal yang sangat penting bagi setiap pelaku usaha disetiap aktivitas bisnis yang digelutinya tanpa melihat besar kecilnya ukuran dari aktivitas bisnis tersebut. Pelatihan Contract Drafting ini akan memberikan pemahaman mengenai arti pentingnya suatu kontrak kepada para peserta dan juga langkah-langkah pembuatan kontrak secara benar.
MANFAAT
- Peserta Memahami Dasar-Dasar Pembuatan Kontrak;
- Peserta Menguasai Keterampilan Melakukan Negosiasi Kontrak;
- Peserta Mampu Merumuskan dan Merancang Draft Kontrak.
OUTLINE MATERI
1. Pengertian Dasar, Tahapan, dan Anatomi Kontrak Bisnis
- Pengertian Dasar Kontrak dan definisi Kontrak Bisnis
- Tahapan Pembuatan Kontrak Bisnis dan Peran inhouse councel
- Bagian-bagian utama sebuah kontrak bisnis yang terdiri dari bagian pendahuluan, bagian isi, dan bagian penutup serta contoh dari setiap bagian tersebut
2. Langkah-Langkah Pembuatan dan Penelaahan Kontrak Bisnis serta Negosiasi Kontrak Bisnis
- Langkah-langkah pembuatan dan penelaahan Kontrak Bisnis (langkah persiapan, langkah pelaksanaan dan langkah akhir)
- Hal-hal apa saja yang harus dikuasai dan dilakukan oleh seorang inhouse Lawyer dalam setiap langkah
3. Identifikasi Pokok Pikiran dan Perumusannya dalam Kalimat Hukum
- Bagaimana mengidentifikasikan pokok pikiran dan merumuskannya dalam kalimat hukum berupa pasal-pasal
- Hal-hal apa saja yang harus menjadi perhatian dalam pembuatan kalimat hukum
4. Teknik Negosiasi Kontrak
- Tahapan-tahapan dalam proses negosiasi
- Persiapan yang harus dilakukan sebelum perundingan negosiasi
- Teknik dan strategi dalam perundingan negosiasi
- Simulasi negosiasi
5. Praktek Pembuatan Kontrak
- Praktek merumuskan hasil negosiasi ke dalam klausul kontrak
- Presentasi dan pembahasan.
TRAINING METHOD
Presentation
Discussion
Case Study
Evaluation
FACILITY
Training Kit
Handout
Certificate
Lunch + 2x Coffee Break
Souvenir