Dilihat 3083
DESKRIPSI
Proses operasional bank merupakan salah satu kegiatan utama bank yang mengandung risiko dan dapat berpengaruh pada kesehatan dan kelangsungan usaha bank sehingga perlu diterapkan prinsip kehati-hatian dalam proses operasional bank tersebut secara menyeluruh mulai dari
front office hingga penerapan
internal regulacy.
Back Office Operation merupakan salah satu fungsi di perbankan yang memegang peran penting untuk memastikan aktifitas perbankan, khususnya yang terkait dengan dana pihak ketiga telah dijalankan secara efektif, efisien, aman dan berkesinambungan.
Staff back office operation yang terkait dengan pengelolaan dana pihak ketiga harus mampu memahami secara baik prinsip dan mekanisme aktifitas, proses transaksi serta pengendalian risiko yang dihadapi, tidak hanya yang terjadi di
back office tetapi juga aktifitas dan proses transaksi yang terjadi di
front office. Dengan demikian staff back office operation akan mampu menjalankan aktifitas dan proses transaksi dengan baik, lancar, aman dan berkesinambungan kerena dalam pelaksanaannya tetap mematuhi sistem
internal control yang ada.
Guna mencapai sasaran diatas maka diperlukan sistem
Capacity Building mulai dari staff Back Office Operation hingga Staff Operational Policy & Procedure guna menunjang operasional perbankan secara keseluruhan.
Capacity building tersebut dapat dilakukan melalui berbagai kegiatan seperti sosialisasi, training, dan lokakarya secara berkesinambungan.
TUJUAN UMUM
- Memahami dan mengerti mengenai perbedaan antara Front Office dan Back Office
- Memahami dan mengerti mmengenai jenis-jenis pekerjaan yang dilakukan oleh staf Back Office Operation
- Memahami dan mengerti mengenai aktifitas Proses End Of Periods serta laporan yang dihasilkan pada End Of Periods
- Memahami dan mengerti mengenai produk dan jasa terkait dana pihak ketiga
- Memahami dan menngerti mengenai prinsip Anti Pencucian Uang dan Pemberantasan Pendanaan Terorisme (APU-PPT)
- Memahami tentang pengertian Business Continuity Plan (BCP)
OUTLINE
- Ruang Lingkup Pekerjaan dan Aktifitas yang Dilakukan Staf Back Office Operation
- Produk dan Jasa Perbankan Terkait Dana Pihak Ketiga
- End of Periods process
- Penerapan Prinsip Anti Pencucian Uang dan Pemberantasan Pendanaan Terorisme bagi Petugas Back Office Perbankan
- Business Continuity Plan (BCP)
TRAINING METHOD
Presentation
Discussion
Case Study
Evaluation
FACILITIES
Training Kit
Handout
Certificate
Lunch + 2x Coffee Break
Souvenir
Pick Up Participant (Yogyakarta)