Pendaftaran
Cakra Biwa Consultant

Analisa Media

Dilihat 1646
Cakra Biwa Consultant

Instructor by: Drs. Bambang Darmadi, MM

15 - 17 April 2014, Jogjakarta Plaza Hotel, Yogyakarta DESKRIPSI Untuk menganalisa bagaimana media (massa) mengemas peristiwa, “merekontruksi ulang” realita, peristiwa, suasana, keadaan, tentang orang, benda, bahkan pendapat-pendapat berkaitan dengan peristiwa tersebut. Redaksional media (massa); wartawan, editor, redaktur, redaktur pelaksana, pimpinan redaksi yang mencari, meliput peristiwa, penulisan ulang-pengabungan-pengabungan sebagai proses editing, dan menyeleksi berita-berita mana yang layak dimuat dalam surat kabar. Kriteria berita berisi 5W + 1 H (apa, siapa, dimana, kapan, mengapa dan bagaimana), baik untuk laporan/berita langsung (hard news) maupun soft news atau feature. Berita tidak saja berisi informasi tentang sesuatu hal, tetapi informasi tersebut harus menarik dan penting, atau memiliki nilai berita (news valeu). Misalnya: “ada pekerja yang mati mengenaskan” itu adalah “informasi”, tetapi bila pekerja tersebut mati karena ledakan pipa gas di areal lumpur panas Lapindo, itu baru informasi yang menarik perhatian dan dianggap penting-layak untuk diketahui. Sesuatu yang menarik biasanya sesuatu yang tidak lazim, tidak biasa, aneh, berbeda, dramatis, tidak pernah-atau jarang terjadi, yang tidak diharapkan, tidak seperti yang seharusnya, yang diperkirakan menyebabkan hal yang lebih baik atau lebih buruk dsb. Sesuatu yang penting biasanya apabila melibatkan orang banyak, kepentingan orang banyak, banyak orang yang merasakan, dsb. Dalam kajian pelatihan analisi media ini tidak saja mengupas yang berkaitan dengan kegiatan yang dilakukan oleh media (masa) saja, namun juga mengupas tentang analisi media yang digunakan baik media ruang dan media luar yang digunakan oleh perusahan-organisasi yang tujuannya untuk publikasi, promosi dan sebagainya. BENEFIT Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan para peserta mampu untuk memahami (melek) terhadap keberadaan media sebagai salah satu mitra bisnis bersama dan mampu untuk mengolah, mengelola keberadaan media yang ada dalam organisasi (bulletin, majalah, jurnal) dan semakin terampil berani menuangkan gagasan-ide dalam bentuk tulisan di media. OUTLINE MATERI
  1. Peran pening media dalam organisasi
  2. Kesadaran bermedia
  3. Berbagai jenis media media yang digunakan oleh organisasi
  4. Mengelola keberadaan media
  5. Berbagai analisa media
  6. Kiat –kiat praktis berani menulis di media massa
TRAINING METHOD Presentation Discussion Case Study Evaluation FACILITY Training Kit Handout Certificate Lunch + 2 X Coffee Break Souvenir Pick Up Participant
Form Pendaftaran pelatihan di cakra

Formulir Pendaftaran

Silahkan isi FORMULIR PENDAFTARAN berikut dengan data yang benar agar
Kami dapat konfirmasi ulang kembali via email, WA maupun telepon.

Form Data Personal

Personal Data

*Harus diisi

Form Data Materi Training

Data Materi Training

*Harus diisi

Form Data Materi 2 Training

Pastikan data yang diisi sudah benar agar Kami konfirmasi ulang kembali via email, WA maupun telepon terimakasih.

HUBUNGI KAMI

Komplek Pertokoan Ruko Tritunggal No. T7, Jotawang, Bantul, Yogyakarta 55188

Phone : 0811 2949 265